Home » » Cara Mengatur Keuangan Bagi Pebisnis Rumahan

Cara Mengatur Keuangan Bagi Pebisnis Rumahan

Admin | 15.05 | 0 komentar
Di jaman sekarang ini banyak sekali yang mulai membuaka usaha dirumah. Meski bisnis yang anda tekuni adalah bisnis rumahan, saya rasa cara mengatur keungan berikut bisa sedikit membantu anda. Banyak pebisnis rumahan yang mengatakan bahwa barang dan jasa mereka laris tapi mengapa selalu tekor dan belum balik modal sama sekali? Padahal mereka merasa bahwa usaha mereka tidak pernah sepi selalu laris manis oleh pengunjung dan pembeli. Ternyata kunci masalah ini hanya satu, pengaturan keuangan yang sama sekali teledor dan tidak tepat. Hal tersebut tidak bisa dianggap hal sepele, karena banyak usaha yang kandas karena hal tersebut.
Sebagian pebisnis rumahan berfikir karena apa yang mereka adalah termasuk bisnis sederhana yang dikerjakan sendiri atau dengan bantuan keluarga, pengaturan kas atau keuangan dalah hal yang tidak penting. Ternyata anggapan itu tidak benar sama sekali. Sesederhana apapun bisnis anda baik itu usaha rumahan atau skala besar, manajemen keuangan dan kas yang baik berperan penting disini. Alur lalu lintas kas adalah denyut nadi utama dalam setiap usaha bisnis apapun. Tak peduli besar atau kecil, skala rumahan atau lebih luas lagi. Seharusnya, cara mengatur keuangan pada bisnis rumahan itu lebih mudah dan sederhana daripada usaha lain yang lebih besar.
Cara Mengatur Keuangan
Namun, seringkali pebisnis rumahan terkecoh dan mengangap sepele masalah pengaturan keuangan ini. Lalu bagaimana cara mengatur keuangan yang baik dan benar meski dalam skala usaha rumahan? Berikut ini ada beberap tips pintar mengatur manajemen keuangan yang patut anda perhatikan sebagai pebisnis rumahan meski hanya usaha kecil.
Cara Mengatur Keuangan untuk Usaha Rumahan:
  • Pisahkan antara uang pribadi dan laba pendapatan anda. Daripada mencampur adukkan antara keuntungan usaha dan uang pribadi, cobalah ambil sebagain saja keuntungan usaha anda sebagi “honor” untuk anda sendiri. Sisanya bisa dijadikan inventaris perusahan dan menjadi keuntungan usaha itu sendiri.
  • Lakukan pembukuan yang baik dan benar. Hitung dengan teratur dan teliti lalu lintas uang masuk dan keluar. Berapakah yang dihabisakn untuk bahan baku dan keperluan operasional lain. Hitung dengan teliti jangan sampai terlewatkan dan akan menjadi kebocoran kecil yang mebahayakan bisnis anda.
  • Tepat dalam merencanakan uang. Jangan sampai anda menyetok barang yang sudah mendekati masa kadaluarasa atau tidak trend lagi. Jangan pula anda mebelanjakan uang untuk membeli bahan baku mudah rusak jika tidak digunakan sesegera mungkin.
  • Buat catatan anggaran bulanan. Sesedikit apapun uang masuk dan keluar dalam usaha rumahan anda, catatlah dengan teliti. Melalui catan ini anda bisa menilai apa saja kah yang harus diperbaiki, didahulukan atau ditunda pada usaha rumahan anda.
  • Dan yang terakhir jangan lupa menabung. Sisakan sebagian keuntungn bisnis rumahan anda untuk menabung. Selain sebagai inventaris masa depan, tabungan ini juga berguna jika suatu saat terjadi hal yang tidak di inginkan dalam bisnis anda dan tiba-tiba membutuhkan bisaya tambahan.
Tidak peduli bahkan sekecil apaun usaha rumahan anda tersebut, manajemen keuangan yang baik tetaplah diperlukan. Karena hal ini bisa menentukan maju mundurnya usaha rumahan Anda, jika Anda mengelolanya dengan baik tentu usaha tersebut akan terus berkembang. Dan semoga tips pintar cara mengatur keuangan diatas bisa membantu dan bermanfaat bagi anda para pebisnis rumahan dalam mengelola keuangannya.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | DuaR Template
Copyright © 2011. Dua 'R' Gorontalo - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger