Home » » Langkah Awal Untuk Memotivasi Diri Sendiri

Langkah Awal Untuk Memotivasi Diri Sendiri

Admin | 13.50 | 0 komentar

"Orang yang tidak bisa memotivasi dirinya sendiri pastilah orang yang biasa saja, tidak peduli seberapa mengesankannya kepandaian orang lain." Andrew Carnegie

People who are unable to motivate themselves must be content with mediocrity, no matter how impressive their other talents.
Andrew Carnegie


Jika Anda ingin hidup yang luar biasa, motivasi diri adalah hal yang penting. Anda harus tahu bagaimana caranya memotivasi diri sendiri. Anda harus membuat semangat Anda selalu tinggi apapun situasi atau masalah yang datang. Satu - satunya cara untuk mendapatkan kekuatan itu adalah dengan cara mengatasi kesulitan. Orang - orang yang takut pada kesulitan, adalah orang yang sudah kalah sebelum pertempuran selesai.




Pertanyaannya adalah : Bagaimana caranya Anda bisa memotivasi diri sendiri? Berikut ini ada beberapa tips yang saya temukan dan sangat efektif untuk membangun motivasi diri :

1. Miliki Alasan

Saya tidak bisa menemukan sumber motivasi yang paling bagus selain dari alasan melakukan sesuatu. Alasan mengapa Anda melakukan sesuatu bisa menginspirasi Anda untuk menghadapi berbagai masalah dan kesulitan. Juga membantu Anda untuk melakukan hal - hal yang awalnya tidak mungkin Anda bisa lakukan.

Walaupun memang ada beberapa alasan yang membantu Anda hanya sementara, tetapi ada alasan yang bisa menginspirasi Anda sampai waktu yang tak terbatas. Yaitu yang disebut motivasi musim hujan karena motivasi tersebut tidak pernah kering. Ketika Anda merasa Anda kurang termotivasi untuk melakukan suatu kegiatan, pikirkan lagi alasan mengapa Anda melakukan dan apa tujuan, apa yang bisa Anda dapatkan sehingga Anda bisa termotivasi kembali untuk bekerja.

2. Buatlah Sebuah Mimpi. Mimpi Yang Besar

"Hanya dengan setinggi yang saya raih, saya bisa berkembang, Hanya sejauh yang saya lihat, saya bisa pergi, Hanya sedalam yang saya tembus, saya bisa lihat, Hanya setinggi mimpi yang saya punya, saya bisa capai." Karen Ravn

"Only as high as I reach can I grow, only as far as I seek can I go, only as deep as I look can I see, only as much as I dream can I be."
Karen Ravn

Alasan yang Anda punya memang motivasi yang powerful namun walaupun begitu, tetap saja itu abstrak. Anda harus membuatnya menjadi konkrit dalam bentuk impian, Bayangkan apa yang akan terjadi di masa depan. Bayangkan bagaimana orang - orang hidup dan bekerja.

Memiliki mimpi adalah satu hal yang sangat penting karena akan sangat sulit untuk termotivasi jika Anda tidak memiliki apapun sebagai target. Coba saja pikirkan orang - orang yang bermain basket. Apakah mereka akan termotivasi untuk bermain jika tidak ada ring nya? Saya pikir tidak. Mereka membutuhkan goal, Anda membutuhkan goal. Itulah tujuan dari impian Anda.

Namun, hanya dengan memiliki mimpi saja tidak cukup. Mimpi anda harus cukup besar untuk menginspirasi Anda. Mimpi Anda harus realistik tetapi menantang. Mimpi Anda harus lebih dari kemampuan yang bisa Anda lakukan.

3. Jadilah Orang Yang Haus

"Menginginkan sesuatu tidak cukup. Anda harus haus akan itu. Motivasi Anda harus memaksa Anda untuk mengatasi berbagai masalah yang akan terjadi di jalan."

"Wanting something is not enough. You must hunger for it. Your motivation must be absolutely compelling in order to overcome the obstacles that will invariably come your way."
Les Brown

Untuk menjadi benar - benar termotivasi, Anda mungkin harus haus dan tidak hanya ingin. Hanya memiliki keinginan tidak akan membuat Anda melewati kesulitan karena Anda tidak ingin hal - hal buruk terjadi. Untuk banyak kejadian, rasa haus untuk mencapai tersebut banyak membawa perbedaan antara pemain terbaik dengan pemain biasa.

Bagaimana caranya Anda bisa haus? Alasan dan mimpi Anda memiliki peran yang penting disini. Jika Anda memiliki alasan dan juga memiliki mimpi yang besar, maka akan ada rasa haus didalam diri Anda. Jika Anda pikir Anda kehilangan rasa haus ini, yang Anda butuhkan hanyalah mengkoneksikan kembali antara alasan Anda melakukan dan mimpi Anda. Biarkan mereka menginspirasi Anda dan membuat Anda memiliki rasa haus yang tinggi.

4. Bertandinglah Pada Lintasanmu Sendiri

Aku tidak berusaha untuk berdansa lebih baik dari orang lain. Aku hanya mencoba untuk berdansa lebih dari dari diriku sekarang."

"I do not try to dance better than anyone else. I only try to dance better than myself."
Mikhail Baryshnikov

Membandingkan diri Anda dengan orang lain adalah cara yang paling efektif untuk membuat Anda tidak termotivasi. Walaupun Anda memulai nya dengan semangat, Anda akhirnya akan kehilangan energi ketika membandingkan diri Anda dengan orang lain.

Jangan biarkan hal itu terjadi pada Anda. Anda memiliki lintasan Anda sendiri jadi bagaimana bagusnya penampilan orang lain tidak ada hubungannya dengan Anda. Membandingkan diri Anda dengan orang lain sama dengan membandingkan penampilan dari perenang dan pelari dengan menggunakan standar waktu yang sama. Mereka berbeda, jadi sekarang bagaimana caranya membandingkan yang satu dengan yang lain?

Satu - satu nya kompetitor yang Anda miliki adalah diri Anda sendiri. Satu - satunya yang Anda harus kalahkan adalah "Anda". Apakah Anda sudah menjadi yang terbaik yang bisa Anda capai?

5. Ambil 1 Langkah Lebih Maju

"Sukses bukanlah sebuah final, gagal bukanlah hal yang fatal. Namun itu adalah tanda untuk melanjutkan pertandingan."

"Success is not final, failure is not fatal: it is the courage to continue that counts."
Winston Churchill

Ketika Anda menemukan masalah pada perjalanannya, biasanya ada kecenderungan untuk keluar. Mungkin Anda berpikir terlalu sulit untuk dilewati. Anda mungkin berpikir bahwa mimpi Anda tidak mungkin tercapai. Namun, disinilah Anda bisa melihat perbedaan dari The Winners dan The Losers.  Walaupun mereka berdua menghadapi masalah yang sama, ada satu hal yang membuat pemenang berbeda : Keberanian untuk melanjutkan

Di situasi yang sulit, fokuslah untuk 1 langkah lebih maju. Jangan berpikir bagaimana cara untuk menyelesaikan pertandingan. Jangan berpikir tentang seberapa banyak masalah yang akan datang. Fokuslah hanya pada langkah selanjutnya.

6. Singkirkan Jauh - Jauh Masa Lalu

"Selesaikan hari ini sebaik - baiknya. Anda sudah melakukan yang bisa Anda lakukan. "

"Finish each day and be done with it. You have done what you could."
Ralph Waldo Emerson

Percaya atau tidak, salah satu penghambat terbaik adalah masa lalu Anda. Masa lalu Anda bisa membuat Anda down sebelum Anda menyadarinya. Masa lalu Anda bisa memberikan Anda beban yang sangat berat di punggung Anda.

Kabar baiknya adalah sebenarnya itu adalah beban yang tidak perlu Anda angkat. Lepaskan beban itu dari pundak Anda dan tinggalkan. Mungkin Anda pernah melakukan kesalahan di masa lalu. Mungkin Anda kecewa dengan orang - orang yang Anda percaya. Namun itu sudah berlalu, hal itu hanyalah masa lalu dan tidak ada yang bisa Anda lakukan untuk itu.

Hari ini adalah hari yang baru, dan Anda selalu memiliki kesempatan untuk memulai kembali. Tidak peduli seberapa buruk nya masa lalu Anda, Anda tetap memiliki masa depan yang cerah yang sedang menunggu Anda sekarang. Jadi jangan biarkan beban masa lalu Anda menghambat.

Terapkan tips - tips untuk motivasi diri diatas. Jangan puas dengan hal - hal yang biasa. Biarkan motivasi diri Anda menuntun Anda ke jalan yang membuat Anda menjadi pribadi yang luar biasa.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | DuaR Template
Copyright © 2011. Dua 'R' Gorontalo - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger